COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 3 (2019)

PEMBIMBINGAN POLA KOSAKO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN PENILAIAN DI SEKOLAH BINAAN

Heruman Heruman (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan Kecamatan Pameungpeuk dengan menggunakan pembimbingan pola  Kelompok Silang Antar Kelompok (Kosako) untuk mengetahui kemampuan guru menyusun kisi-kisi soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, untuk mengetahui kemampuan guru menyusun master soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, dan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menelaah soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Gugus Rancatungku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama pada pembinaan menyusun soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan siklus kedua pada pembinaan menyusun soal Penilaian Akhir Semester (PAS). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen penelaahan kisi-kisi dan instrument penelaahan soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Penyusunan kisi-kisi soal, yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui pembimbingan pola Kosako ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam menyusun soal dengan menggunakan kaidah-kaidah penyusunan soal. (3)Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam melakukan penelaahan soal  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...