Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan Kecamatan Pameungpeuk dengan menggunakan pembimbingan pola Kelompok Silang Antar Kelompok (Kosako) untuk mengetahui kemampuan guru menyusun kisi-kisi soal dengan pembimbingan Pola Kosako dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, untuk mengetahui kemampuan guru menyusun master soal dengan pembimbingan Pola Kosako dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, dan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menelaah soal dengan pembimbingan Pola Kosako dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Gugus Rancatungku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama pada pembinaan menyusun soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan siklus kedua pada pembinaan menyusun soal Penilaian Akhir Semester (PAS). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen penelaahan kisi-kisi dan instrument penelaahan soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Penyusunan kisi-kisi soal, yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui pembimbingan pola Kosako ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam menyusun soal dengan menggunakan kaidah-kaidah penyusunan soal. (3)Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam melakukan penelaahan soal
Copyrights © 2019