COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 4 (2019)

PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM MELALUI METODE BUZZ GROUP (DISKUSI KELOMPOK KECIL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERKARYA SENI RUPA MOZAIK DIKELAS III

Lia Amalia Amalia (IKIP SILIWANGI)
hani nurhanisah nurhanisah (ikip siliwangi)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam berkarya seni rupa mozaik di Sekolah Dasar (SD), sehingga diperlukannya keterampilan teknik mengajar yang hubungannya dengan media atau metode pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif mengajar yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik yaitu dengan memanfaatkan  media bahan alam melalui metode Buzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik yang pembelajarannya menggunakan media bahan alam melalui metode Buzz Group lebih baik daripada pembelajaran biasa menggunakan metode picture and picture. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dan praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik di sekolah dasar kelas III yang pembelajarannya memanfaatkan media bahan alam melalui metode Buzz Group lebih baik daripada pembelajaran biasa melalui metode Picture and Picture.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...