COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 6 (2019)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Dharmayanti, Luhanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini, indikator yang mengukur pemahaman konsep matematis siswa berupa kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu, memberikan contoh dan non-contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Siswa aktif dalam mengkonstruksi atau menemukan pengetahuannya, sedangkan guru aktif menyediakan dan memfasilitasi siswa, serta aktif dalam mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran. meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD di kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kontekstual lebih baik dan menyenangkan daripada metode pembelajaran konvensional. diperoleh hasil uji homogenitas memiliki sig. senilai 0,049 lebih kecil nilainya dari α = 0,05, maka kondisi ini menunjukkan Ho tidak diterima, terdapat perbedaan variansi tes antara kedua sampel. Maka penulis tidak melanjutkan ke uji perbedaan rata-rata tetapi ke uji Mann-Whitney. Berdasarkan uji Mann-Whitney, didapatkan Asymp. Sig 0,02. Mengacu kepada dasar pengambilan keputusan Uji Mann-Whitney, maka diterima karena nilai sig < 0,05. Berdasarkan analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvesional tidak dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi menghitung bangun datar secara signifikan. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...