GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU
Vol 5, No 2 (2018)

KONSTRUKSI LEVEL PENGETAHUAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU

Jayendra, Putu Sabda (Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) Denpasa)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2018

Abstract

Pengetahuan metakognitif merupakan aspek pencapain kecakapan level abstraksi tertinggi dalam dimensi pengetahuan. pengetahuan metakognitif merupakan tingkat teratas dalam susunan Taksonomi Bloom Revisi. Konstruksi pengetahuan level metakognitif merupakan kemampuan untuk mengetahui dan menyadari diri sendiri, dan mencakup pula kecakapan strategi kognitif melalui berpikir multiperspektif, serta multidimensional. Konstruksi pengetahuan metakognitif dalam pembelajaran agama Hindu memiliki urgensi untuk dilakukan untuk menciptakan karakter individu peserta didik yang tidak terjebak pada pemahaman dogmatis, bijaksana, serta mampu mewujudkan tatanan religi dan sosio-kultural masyarakat yang harmonis.Kata Kunci: pengetahuan metakognitif, pembelajaran, agama Hindu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Guna Widya adalah Jurnal Pendidikan Hindu yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya. Guna Widya memuat hasil penelitian maupun hasil pemikiran akademisi dan praktisi pendidikan Agama Hindu. Jurnal Guna Widya memberikan ruang gerak terhadap penulis yang ingin ...