Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019

Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018

Kasiono, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh gambaran efektifitas penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R dalam penyusunan soal, (2) memperoleh gambaran peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal dengam teknik pendampingan berpola SP3R. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45).  Dalam pelakanaannya, peneliti mengintegrasikan kegiatan pendampingan pola SP3R pada tahap pelaksanaan, dan menjadi sebuah system terintegrasi. Hasil penelitian adalah (1) penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal. (2) kemampuan guru dalam menyusun soal mengalami peningkatan dimana pada pra siklus kemampuan guru dalam menyusun soal berada pada angka 67 menjadi 83 pada siklus I dan naik menjadi 91 pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah teknik  pendampingan dengan pola SP3R sangat efektif dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational ...