Ensiklopedia Education Review
Vol 1, No 1 (2019): Volume 1 No.1 April 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENENTUKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMUTU DENGAN PENGUASAAN ANALISIS SWOT MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SDN 03 KOTO BALINGKA

Kiswan, Kiswan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) Deskripsi peningkatan kompetensi guru dalam menentukan model pembelajaran bermutu dengan penguasaan analisis SWOT melalui bimbingan kelompok di SDN 03 Koto Balingka tahun pelajaran 2018/2019; (2) Deskripsi bentuk-bentuk kendala yang muncul dalam dalam bimbingan kelompok dalam upaya peningkatan penguasaan analisis SWOT oleh guru SDN 03 Koto Balingka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SDN 03 Koto Balingka tahun pelajaran 2018/2019. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Berdasarkan atas hasil penelitian, dibuat simpulan sebagai berikut: (1) Kompetensi guru dalam menentukan model pembelajaran bermutu dapat ditingkatkan dengan penguasaan analisis SWOT melalui bimbingan kelompok di SDN 03 Koto Balingka tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor kompetensi dari 1,6 pada pra PTS menjadi 2,5 pada siklus I dan menjadi 2,8 pada siklus II; (2) Kendala yang muncul dalam bimbingan kelompok dalam upaya peningkatan penguasaan analisis SWOT oleh guru SDN 03 Koto Balingka adalah kurangnya waktu implementasi model pembelajaran yang ditetapkan guru sehingga pengukuran mutunya menjadi kurang optimal dan terdapatnya guru yang memiliki motivasi rendah sehingga menghambat jalannya proses supervisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember. ...