Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui kemampuan akses corporate social responsibility yang memformulakan komunikasi pemasaran produk, sustainable objekti iklan, kepuasan pelanggan, integrasi produk competitive, kesejahteraan sosial dan budaya, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan, dan orientasi industry creative tenun ikat NTT kepada pelanggan mancanegara dan konsumen domestik, pada usaha dagangan pusat oleh-oleh NTT C&A sebagai mobilisasi ekonomi industri kreatif yang menunjang pada daerah Provinsi NTT lebih khususnya daerah Kota Kupang, hal ini berkaitan dengan metode sebagai instrumen pengukur persoalan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data secara kuaalitatif dengan penyebaran angket, studi dokumentasi, wawancara, dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji koefisien regresi.Kondisi populasi dalam penelitan yang digunakan pada obyek riset salah satunya pelanggan, se-Kota Kupang dapat berkunjung beli produk tradisional industry creative tenun ikat NTT, sesuai target populasi yang dimemiliki 399 responden, demikian pula sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa exponen komunikasi pemasaran produk berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.959, sustainable objektif iklan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.689, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.488, integrasi produk competitive berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.409, kesejahteraan sosial dan budaya berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.329, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.414.Korelasi antara orientasi industry creative tenun ikat temukan berpengaruh secara signifikan tercatat nilai sebesar 2.421 sehingga memiliki pengaruh nilai dominan atau tidak komperatif dengan komunikasi pemasaran produk, sustainable objektif iklan, kepuasan pelanggan, integrasi produk competitive, kesejahteraan sosial dan budaya, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan, oleh sebab itu perlu mengembangkan dan meningkatkan inovasi produk dan mutu berbahasa asing yang lebih baik sehingga supremasi harga beli stagnan dan meningkat disetiap kalangan. Kata kunci: Intensitas, corporate social responsibility, orientasi industry creative, tenun ikat, pelanggan mancanegara
Copyrights © 2019