Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 4, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

MENELAAH KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BUATAN GURU PADA PENCAPAIAN KELULUSAN SISWA

Evy Ratna Kartika Waty (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Tujuan guru membuat analisis dari setiap butir soal yang telah diujiankan, agar mendapat kualitas soal yang baik. Disamping itu diharapkan disetiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, seperti Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) sistem pengujian atau lembaga pengujian soal-soal buatan guru, juga ikut mengoreksi soal buatan guru agar nantinya diperoleh kualitas soal yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hal ini dilakukan untuk menepis sebagian yang selama ini dilontarkan bahwa : soal ujian akhir sekolah yang dipakai oleh guru selama ini tidak pernah dianalisis dan belum diujicobakan terlebih dahulu pada kelompok besar siswa, sehingga pada umumnya taraf reabilitas, taraf validitas, taraf kesukaran dan taraf pembeda item-itemnya belum meyakinkan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...