Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Islamic Educational Management

INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET

Yuliana Yuliana (S3 Pendidikan Islam UIN Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Ketidakpuasan siswa terhadap pembelajaran konvensional semakin meningkatkan pemanfaatan internet dalam pembelajaran. Hal ini menjadi pendorong peranan teknologi informasi di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi pembelajaran melalui teknologi informasi, terutama berkaitan dengan pengembangan model pembelajaran melalui internet. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan situs internet. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun contoh pengembangan model pembelajaran melalui internet diambil dari model pembelajaran “You-Do” yang digagas oleh Cecep Gaos, guru Bahasa Inggis kelas V SD Puri Artha Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model pembelajaran melalui internet meliputi penggunaan teori konstruktivisme, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, strategi pembelajaran individual learning, metode pembelajaran tutorial, serta teknik dan taktik pembelajaran yang bersifat spesifik berbasis internet. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui internet dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...