Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VII SMPN 1 Sooko. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan kelas dan partisipan penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Sooko sebanyak 30 peserta didik. Langkah-kangkah pembelajaran problem posing dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap pembelajaran yaitu penyajian contoh, pengajuan soal, penyelesaian soal dan komunikasi hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengajuan soal dan pemecahan soal yang dibuat sendiri oleh peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik. Sebelum pelaksanaan tindakan, ketuntasan klasikal pada kelas tersebut adalah 50%, meningkat pada tindakan siklus I menjadi 70%. Namun hal ini belum memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga dilakukan siklus II dan didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 87%. Hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru pada siklus I dan siklus II berada pada kategori baik.
Copyrights © 2018