Abstrak: Salah satu tugas utama guru adalah merencanakan pembelajaran (planning). Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru lazim disebut RPP. Secara fungsional, RPP dapat dijadikan arahan, pedoman, dan acuan dalam pembelajaran. Secara substansif RPP itu bersifat aplikatif-operasional. Dalam kenyataannya, terdapat berbagai kesalahan dalam suatu RPP bahasa Arab di Madrasah/Sekolah. Kesalahan tersebut meliputi (a) ambigiutas dalam penempatan ranah, (b) kekurangjelasan rumusan IPK, (c) rumusan IPK yang menggambarkan proses bukan kompetensi, dan (d) kekurangsingkronan antarkomponen dalam RPP yang meliputi: kekurangsinkronan penyajian materi, kekurangsinkronan antara pendekatan/metode dengan langkah-langkah pembelajaran, kekurangsinkronan antara IPK dengan sekenario pembelajaran, dan kekurangsinkronan antara IPK dengan penilaian.Kata kunci: Kesalahan, Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah/Sekolah.
Copyrights © 2019