Abstrak:Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan, khususnya sebagai media pembelajaran maupun sebagai media dalam evaluasi pembelajaran. Proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang menggunakan metode yang masih bersifat konvensional berupa paper test (tes kertas), sehingga menyebabkan banyak siswa kesulitan dalam memahami berbagai konsep dan menjawab soal-soal, dikarenakan soal-soal yang diberikan terkesan monoton dan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tes evaluasi dengan menggunakan aplikasi Kahoot pada pembelajaran bahasa Arab yang valid, reliabel, layak, dan praktis digunakan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di MTsN 2 Kota Malang dengan sampel penelitian 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 27 soal yang valid, dari segi reliabilitas tes diperoleh nilai r = -0,19. Hasil analisis tingkat kesulitan diperoleh 6 soal kategori mudah, 27 soal kategori sedang, dan 27 soal kategori sulit. Hasil analisis daya beda diperoleh 9 soal kategori baik, 13 soal kategori cukup, 9 soal kategori jelek, dan 29 soal kategori jelek sekali. Hasil uji validasi ahli materi dan ahli media diperoleh skor rata-rata 79%. Hasil kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 85,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes menggunakan aplikasi Kahoot cukup valid, layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.Kata Kunci: Pengembangan Tes, Pembelajaran Bahasa Arab, Aplikasi Kahoot.
Copyrights © 2019