Abstrak: Tujuan penelitian ini (1) apakah buku “Diktat Bahasa Arab “ kelas X semester II Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sampang sesuai dengan standar kriteria penyusuanan buku ajar bagi non-Arab ?, (2) apakah buku “Diktat Bahasa Arab” kelas X semester II Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sampang sesuai dengan standar kriteria penyusunan buku ajar dalam kurikulum KTSP ? Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif-evaluatif, di mana instrumen penelitian menggunakan Check List untuk mengevaluasi buku Diktat Bahasa Arab kelas X semester II Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sampang dengan dua jenis standar kriteria evaluasi, yaitu standar kriteria buku ajar yang baik berdasar standar Rusydi Thu’aimah dan standar kriteria kurikulum KTSP. hasil dari penelitian evaluasi buku ajar ini adalah sebagai berikut : (1). Bahwa dari 15 standar kriteria buku yang baik bagi non-Arab berdasar standar Rusydi Ahmad Thu’aimah ada 11 standar kriteria yang sudah terpenuhi oleh buku “Diktat Bahasa Arab” kelas X SMA Negeri 2 Sampang ini dan ada 4 kriteria yang tidak dipenuhi sehingga perlu direvisi pada seluruh babnya sesuai dengan tuntutan 4 kriteria dimaksud yaitu standar no. 1, 7, 10 dan 15, (2). Bahwa dari 13 Standar kriteria KTSP, ada 10 kriteria yang telah dipenuhi dan 3 kriteria yang belum terpenuhi oleh buku “Diktat Bahasa Arab” Kelas X SMA Negeri 2 Sampang dan perlu direvisi pada seluruh babnya terkait dengan 3 standar ini, yaitu standar isi, proses dan sarana dan prasarana.Kata Kunci : Evaluasi, Diktat Bahasa Arab
Copyrights © 2019