Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 3, No 1 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LISTEN AND DRAW

Prakoso, Farhan (Unknown)
Rahmatunnisa, Sriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar yang masih sulit dipahami siswa, karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan menggunakan model listen and draw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hipotesis penelitian ini adalah, dengan model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Hasil penelitian telah mencapai target keberhasilan.  Prosentase yang diperoleh pada pra siklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 76%, dari pra siklus ke siklus I terjadi kenaikan sebesar 28%. Siklus II sebesar  84%, yang berarti terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II  sebesar 12%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...