Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH

Agus Kistian (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Banda Aceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan secara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil  belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11  > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai  ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4 Banda Aceh. Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...