Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Banda Aceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan secara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil  belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11  > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai  ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4 Banda Aceh. Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018