Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data: tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri lembar tes, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Dari hasil yang diperoleh setelah penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong dapat dilihat melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan sebelum tindakan kelas rata-rata menunjukkan 30,43% dari hasil belajar siswa yang sudah dilaksanakan. Sedangkan pada siklus I menunjukkan rata-rata 56,52% dan siklus II 91,30%. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya semangat siswa terhadap materi yang disampaikan guru (Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I kesiklus II) yaitu masing-masing 56,52% dan 91,30%. Pada siklus II Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal telah tercapai secara sempurna. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2019