Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan metode bermain peran pada pembelajaran IPS  siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Action research. Subjek penelitian  ini adalah  siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Perolehan persentase keterampilan sosial siswa kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80%.Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus I pada Siklus I sebesar 53,93% dan pada Siklus II sebesar 84,25%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dan pelaksanaanpenelitian dihentikan. Kata-kata kunci:Role Playing,Keterampilan Sosial, IPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018