Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)

Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA 2 Pariaman

Hanifa Septiani (UNP)
Ike Sylvia (UNP)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan intensitas penggunaan Smartphone dengan disiplin belajar siswa kelas X SMA N 2 Pariaman. Maka jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini proporsional random sampling, Jumlah siswa kelas X SMA N 2 Pariaman berjumlah 354. Penelitian ini menggunakan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga sampel yang diperlukan yaitu 78 orang. Penelitian ini penggunakan dua macam variabel yaitu: 1) variabel bebas: intensitas penggunaan smartphone (X) 2) variabel terikat: disiplin belajar (Y). Pengumpulan data untuk variabel intensitas penggunaan smartphone dan disiplin belajar menggunakan metode angket dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk melihat (mean,mediam,modus, dan standar deviasi). Teknik analisis data yang digunakan antara lain kategoris persentase, uji normalitas, analisis untuk uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sikola

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model ...