KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO

Syamsuriana Basri (Editor)
Husnul Khatimah B (author)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Abstrak: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 6 Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 35 orang kelas eksprimen dan 32 kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mean atau rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen 85,54 dan kelas kontrol 75,72. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...