Revitalisasi : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 6 No 2 (2017): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen

ANALISIS MANAGEMEN DALAM MENINGKATAN KUALITAS PROGRAM TELEVISI MUATAN LOKAL (Studi Kasus Pada Penyiaran JTV Biro Kediri)

M. Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Televisi yang sifatnya berupa perpaduan antara audio dan visual membuat media ini lebih disukai daripada media komunikasi massa lainnya. Perkembangan dunia pertelevisian di Indonesia semakin banyak stasiun televisi yang bermunculan. Televisi lokal menjadi alternatif untuk menyampaikan pesan sesuai dengan kemampuan dan menjadi media alternatif dalam muatan lokal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, karena dalam penelitian ini berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, 1. Observasi, 2. Telaah dokumen, 3. Wawancara, 4. Dokumentasi, pengumpulan data terfokus pada JTV Biro Kediri. Peneliti hadir langsung dalam rangka menghimpun data. Dalam melakukan penelitian, peneliti bertindak sebagai pengamat penuh dan keadaan atau status peneliti diketahui oleh informan, serta sebagai perencana, mengumpulkan data, menganalisis data, dan pelapor hasil penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, JTV Biro Kediri dalam meningkatan kualitas program televisi muatan lokal melakukan perencanaan peningkatan kualitas programming agar program tayangan bisa menarik banyak penonton dengan mengedepankan kearifan lokal serta konten lokal. Pengorganisasian yang telah dilakukan dituangkan dalam struktur organisasi dengan membagi pekerjaan dalam departemen. Kepemimpinan menunjukan bahwa meski telah ada pembagian kerja yang jelas, namun dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat menggerakkan karyawannya. Pengawasan dan evaluasi yang sering dilakukan JTV Biro Kediri. Sebagai media penyiaran, produk yang dijual oleh JTV Biro Kediri ini adalah program acara yang mengusung nilai-nilai lokalitas. Karena itu memiliki strategi manajemen programming serta mampu mengaplikasikan dengan baik agar program acaranya bisa menarik masyarakat dan pengiklan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dalam upaya menyusun berbagai kebijakan meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemompinan, pengawasan untuk meningkatkan kualitas tayangan JTV Biro Kediri sebagai televisi yang bermuatan local.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Revitalisasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal REVITALISASI mulai tahun 2019 terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, jurnal ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi karya ilmiah para pakar, peneliti dan ahli dalam bidang yang terkait dengan masalah ...