Jurnal Vokasi
Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Vokasi

PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT: MEMBERI PENGUATAN KEPADA GURU MENGENAI INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN, KEBANGSAAN, DAN KEACEHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 BIREUEN

Marwan Marwan (Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Almuslim)
Siraj Siraj (Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Almuslim)
Sri Milfayetty (Prodi Bimbingan Konseling FIP Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Aceh mengandung nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan yang terpadu dalam semua kegiatan sekolah. Namun dalam praktiknya guru-guru di sekolah mitra belum secara maksimal menerapkan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan  dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hal ini disebabkan karena ketidakpahaman guru dan guru merasa sulit untuk bisa memadukan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan belajar dan mengajar. Solusi-solusi yang telah diberikan dalam menyelesaikan permasalahan mitra adalah: 1) memberikan pelatihan berupa workshop mengenai sistem penyelenggaraan pendidikan di Aceh, serta internalisasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar; 2) memberikan pelatihan dan pendampingan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan handout; 3) memberikan pelatihan bagi guru bimbingan konseling dalam mengentaskan masalah karakter siswa melalui layanan konseling Qur’ani, serta membangun manajemen networking konseling SMA; 4) memberikan pendampingan dalam implementasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam kegiatan belajar mengajar; dan 5) menumbuh kembangkan motivasi dan ketrampilan mengajar yang bervariasi kepada guru di sekolah mitra. Pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bireuen, dengan sasaran guru-guru bidang studi dan guru-guru bimbingan konseling. Kegiatan tersebut dilakukan melalui: pelatihan dalam bentuk workshop, In House Training, serta pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan produktivitas guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hasil yang telah diperoleh adalah  meningkatnya pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan produktivitas guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...