Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika di kelas II SMP Negeri 4 Malang. 2) untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar fisika di kelas II SMP Negeri 4 Malang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berupa metode pembelajaran pembelajaran koopertaif model Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B yang terdiri dari 45 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 19 orang dan jumlah siswa perempuan 26 orang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) paparan data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya persentase tingkat ketercapaian pada setiap 5 unsur kooperatif, yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar kelompok, dan evaluasi proses kelompok. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa meningkat dari 64,29% (kemampuan awal) menjadi 66,37% (hasil akhir siklus I) sebesar 3,24% dan meningkat dari 66,37% (hasil akhir siklus I) menjadi 71,08% (hasil akhir siklus II) sebesar 7,09%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan merode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar fisika siswa kelas II SMP Negeri 4 Malnag.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017