Materi kimia yang sebagian besar bersifat abstrak cukup menyulitkan guru dalam menanamkan konsep. Penelitian Pembelajaran kimia terutama pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan metode Role Playing sangat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah penelitian sebagai berikut 1. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi siswa dalm pembelajaran kimia. 2. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan kwalitas pembelajaran kimia karena guru lebih inovatif. Dengan tujuan Meningkatkan motivasi belajar,ketuntasan belajar pada siswa dan meningkatkan kualitas guru untuk lebih inovatif pada materi pelajaran kimia melalui metode Role Playing. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket pra penelitian maupun pasca penelitian, lembar observasi untuk pengamat (kolaborator), LKS untuk 2 siklus dan soal evaluasi untuk 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Pamekasan kelas X MIPA tahun pelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian diperoleh Penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi belajar siswa , mampu meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dan guru akan merasa tertantang untuk lebih inovatif dalam setiap pembelajaran.
Copyrights © 2017