Tujuan umum dari penelitian ini adalah memperbaiki proses pembelajaran dan secara khusus penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 3 Pamekasan. Subyek penelitian ini adalah kelas IXC yang berjumlah 37 siswa. Dari analisis data menunjukkan bahwa guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik sehingga kegiatan pembelajaran berjalan efektif. Pada siklus 1 nilai partisipasi siswa yang masuk katagori baik dan sangat baik mencapai 80,50%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 97,22%. Dengan demikian partisipasi siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,72%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 hasil ulangan harian mencapai rata-rata 64,17 dan ketuntasan klasikal 72,22%. Pada siklus 2, hasil ulangan harian mencapai rata-rata 68,61 dengan ketuntasan klasikal 80,55%. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata klasikal sebesar 4,44 dan ketuntasan klasikal sebesar 8,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 3 Pamekasan
Copyrights © 2018