Jurnal Kiprah
Vol 5 No 2 (2017): JURNAL KIPRAH

PENERAPAN PMR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Izzati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Kemandirian belajar siswa dalam matematika merupakan faktor yang turut menentukan keberhasilan belajar. Oleh sebab itu, kemandirian belajar ini perlu dikembangkan pada siswa. Pentingnya kemandirian belajar ini, sayangnya tidak seiring dengan penguasaan skill ini pada siswa. Karena itu, perlu adanya upaya untuk menerapkan suatu pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat memicu peningkatan kemandirian belajar siswa dalam matematika. Penelitian ini menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat memicu peningkatan kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan PMR terhadap peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dalam matematika (KBS), ditinjau dari keseluruhan dan level sekolah (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini menerapkan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 239 orang siswa kelas VII pada tiga SMP Negeri di Kota Bandung, masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5%, menggunakan Uji-t Berpasangan, Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon, Uji-t Independen, Uji Mann-Whitney, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada KBS bagi siswa yang belajar matematika melalui pendekatan PMR, ditinjau dari keseluruhan, dan pada sekolah level rendah, sedangkan bagi siswa yang belajar matematika melalui pendekatan PB, tidak mengalami peningkatan KBS secara signifikan, baik ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan level sekolah; (2) terdapat perbedaan peningkatan KBS antara siswa yang belajar matematika melalui pendekatan PMR dan PB, namun perbedaan tersebut kecil sehingga tidak signifikan. Ditinjau dari peningkatan pada aspek-aspek KBS, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek strategi kognitif antara siswa yang belajar matematika melalui pendekatan PMR dan PB.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kiprah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian ...