Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)

PROSES PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PENDEKATAN PARAGMETIK DALAM MENINGKAATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XII SMP NEGERI 2 CIKONENG-CIAMIS

LILIS SUNDAWATI (SMP Negeri 2 Cikoneng)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada Proses dalam Penggunaan Pendekatan pendekatan paragmetik guna meningkaatkan keterampilan berbicara bagi siswa yang dijadikan suatu acuan dalam kurikulum berbasis kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum satuan pendidikan. Aspek penilaian proses pembelajaran yaitu aspek afaktif antara lain; komunikatif, jelas, runtut, dan mudah dipahami, mengekspresikan pikiran, dan keterampilan berbicara. Sedangkan di akhir pembelajaran menggunakan ranah psikomotor, antara lain; ide pokok, tanggapan dan ringkasan, semua data diolah dan disimpulkan hasilnya, kemampuan siswa dalam keterampilan keterampilan berbicara mengalami peningkatan, kesimpulan penelitian tindakan kelas ini berlaku untuk kelas VII di SMP Negeri 2 Cikoneng-Ciamis, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai jadwal dan perencanaan yang telah ditentukan yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015.Kata Kunci: Keterampilan berbicara dan pendekatan pragmatik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...