Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG BESARAN DAN SATUAN PADA PELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS VII C SMP N 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

TUTI MARLINA (SMPN 1 Baregbeg Ciamis)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching, subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII C SMP N 1 Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis jumlah siswa 34 orang, yang terdiri dari 18 orang siswi perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pembelajaran dan instrument pengumpulan data. Berdasarkan analisis dari data hasil tes setiap siklus. Hasil belajar mengalami peningkatan yang positif dari sebelumnya. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar siswa merespon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Dan berdasarkan wawancara dengan siswa sebagian siswa lebih senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hal ini dapat terlihat dari jawaban – jawaban yang diberikan siswa pada saat wawancara. Dari siswa yang tadinya tidak menyukai Ilmu Pengetahuan Alam setelah belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching anak menjadi suka Ilmu Pengetahuan Alam.Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi Belajar, Besaran dan Satuan, Quantum Teaching, Fisika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...