Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)

EFEKTIVITAS KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)

SULASTRI HERDIANI (SMA Negeri 1 Baregbeg)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Karya penelitian ini adalah “Efektivitas Kinerja Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)” Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. kinerja guru berbanding lurus dengan peningkatan mutu pendidikan termasuk didalamnya adalah prestasi belajar siswa. Sayangnya tidak sedikit para guru bekerja dibawah standar kerja yang telah ditetapkan bukan karena tidak mampu tetapi karena belum terbangun kinerja mengajar yang baik. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurang maksimalnya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2). Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina siswa berprestasi dan guru SMK Negeri 1 Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan guru-guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran sebelum tahun pelajaran dimulai melalui kegiatan IHT, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian terhadap siswa secara maksimal. 2. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis dalam membuat rencana pembelajaran hanyalah masalah teknis dalam mencetak administrasi. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa kurang berminat mempelajari mata pelajaran umum karena mereka lebih tertarik pada mata pelajaran kejuruannya. Sehingga motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran umum cenderung kurang. Padahal sebagian pelajaran umum tersebut akan di Uji nasionalkan. 3). Upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis adalah mengadakan IHT bagi para guru secara rutin, mengadakan supervisi kepada para guru minimal satu tahun sekali, guru-guru mengikuti magang dan pelatihan-pelatihan agar kinerja mengajar guru tetap terjaga dan maksimal. Ketika kinerja mangajar guru sudah maksimal atau efektif, maka siswa akan selalu termotivasi belajar dan prestasi belajar siswa akan maksimal.Kata Kunci: Efektivitas, Kinerja Mengajar, Prestasi Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...