Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 5, No 1 (2017): Juni

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LEMBAGA NEGARA MELALUI MODEL MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII K SMP Negeri 1 Jalancagak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

Agus Susila (Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperioleh siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Jalancagak. Dari jumlah siswa 42 orang yang mengikuti post tes pada materi Lembaga Negara dengan pembelajaran Mind Mapping, hanya 5 orang yang dapat dinyatakan lulus (11,90%) dan sisanya sekitar 37 orang dinyatakan belum lulus (88,10%). Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan belum tuntas. Oleh karena itu, untuk kasus tersebut perlu diadakan remedial klasikal. Proses remedial klasikal dalam kasus ini penulis lakukan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII K dalam materi Lembaga Negara PKn?” Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil tes siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 60 pada kategori rendah dan pada siklus 2 meningkat menjadi 79,76 pada kategori baik. Jadi hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 19,76.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...