Peningkatan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran diantaranya melalui penggunaan metode pembelajaran. Setiap pembelajaran menuntut strategi tertentu yang memiliki hubungan erat dengan metode pembelajaran. Dengan demikian nampak bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam suatu pembelajaran sangat penting karena setiap metode memiliki karakteristik tersendiri yang akan memberikan hasil memuaskan apabila ditetapkan dalam strategi pembelajaran yang cocok sesuai dengan tujuan, situasi dan kondisi yang dihadapinya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menulis pengumuman sederhana dengan menggunakan metode pemberian tugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil menulis siswa setelah diberikan tindakan pembelajaran pada siklus II, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pengumuman sederhana dari siklus I. hasil menulis pengumuman sederhana pada siklus II sangat baik, walaupun ada beberapa pengumuman sederhana siswa yang berkategori cukup. Dengan demikian pemberian tindakan pada siklus I, dan II, pembelajaran menulis pengumuman sederhana dengan menggunakan metode pemberian tugas terbukti mampu 80% meningkatkan kemampuan menulis pengumuman sederhana siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017