Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus dengan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan analisis serta refleksi. Indikator ketercapaian prestasi oleh tindakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini di ukur secara kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SD Negeri Palasari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jumlah siswa sebagai subjek penelitian adalah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 9 siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian terhadap siswa kelas IV SD Negeri Palasari pada pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kenerja guru dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kinerja guru pada siklus I sebesar 61,67%, siklus II sebesar 83,33% dan siklus III sebesar 95%. 2) Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan melatih siswa bekerja dalam tim. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 83,57%, siklus II sebesar 91,56% dan siklus III sebesar 98,15%. 3) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini terlihat pada siklus I terdapat paningkatan sebesar 5,5%, siklus II sebesar 12,62% dan siklus III sebesar 14,87%, dengan indikator ketercapaian prestasi belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 90% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 6,5.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), Ekonomi
Copyrights © 2018