Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)

UPAYA MENINGKATAKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MAKNA BACAAN TEKS DESCRIPTIVE MELALUI TEKHNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS VIII-A SEMESTER GANJIL, TAHUN PELAJARAN 2013–2014 SMP NEGERI 13 KOTA TASIKMALAYA

IRMAN SUTIANA (universitas galuh ciamis)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2018

Abstract

Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa keaktifan, tanggung-jawab dan keseriusan siswa mengalami perubahan dengan perolehan 84,90 % atau kenaikan sekitar 41 % dari Siklus 1 ke siklus 2 . Selanjutnya Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis pada siklus ke-1, 14 orang siswa ( 35,89 %) yang melebihi KKM (Tuntas ) dan 25 orang siswa ( 64,11 % ) di bawah KKM (Belum Tuntas) dan di Siklus ke-2, menjadi 32 orang siswa atau (82,05 %) yang melebihi KKM (Tuntas), 7 0rang siswa (17, 95 %) yang (Belum Tuntas). Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan di atas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran “ Make A Match “ dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk “ descriptive “ dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun target pencapaian keberhasilan daya serap kelas dalam pembelajaran harus 85 % sebagaimana yang ditargetkan oleh Depdiknas.Kata Kunci: Meningkatkan kemampuan dalam memahami makna bacaan, tekhnik Pembelajaran Make A Match

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...