Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 2 (2016): April (Media Cetak)

PERERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS di SEKOLAH DASAR

NUNUNG RUKOYAH (SD Negeri 1 Picungremuk Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2018

Abstract

Metode yang digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Metode ini digunakan dengan alasan dapat memecahkan permasalahan pembelajaran yang terjadi dalam kegiatan mengajar sehari-hari untuk menuju kepada situasi dan kondisi pembelajaran yang lebih baik dan kondusif. Prosedur penelitian tindakan kelas dalam setiap siklusnya dijabarkan sebagai berikut: Analisis dan identifikasi masalah, perencanaan dan pelaksanaan tindakan, refleksi dan tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi Hasil temuan dalam penelitian ini adalah Bahan pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran siklus ke-1, siklus ke-2, dan sikluske-3,telah sesuai dengan minat siswa, sesuai dengan kemampuan dan tingkatan pendidikan siswa maupun kebutuhan penelitian. Hanya alat pembelajaran pada siklus ke-1 kurang lengkap. Kemampuan siswa memahami proses pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses, pada dasarnya tampak mengalami perkembangan kekurangannya dalam pengamatan mencatat, mengklasifikasikan dan mengkomunikasikan hasil dari pengamatan.Kata Kunci: Keterampilan dan Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...