Hasil penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: 1) pada siklus I, siswa yang mampu membuat pot bunga dan mendapat nilai memenuhi standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal/70) sebanyak 18 siswa atau 45%, dan yang mendapat nilai dibawah KKM 22 siswa atau 55%, maka ke 22 siswa ini harus diambil tindakan perbaikan; 2) Dari 22 siswa yang diambil tindakan perbaikan pada siklus II, ke 22 siswa tersebut berhasil mendapat nilai memenuhi standar KKM/70. Hasil dari penelitian tindakan kelas pada Kelas VIII G, dapat dilihat pada upaya peningkatan prestasi belajar seni rupa terapan membuat pot bunga. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tindakan pengarahan, bimbingan dan pembinaan akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, lebih kreatif, lebih semangat danĀ memuaskan.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Seni Rupa Terapan dan Mencetak Pot Bunga
Copyrights © 2018