Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) apakah terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (3) bagaimana proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan yang diajar dengan pendekatan Inkuiri,. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa.Dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 66 siswa melalui teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (3) pembahasan secara deskriptif tentang proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan yang diajar dengan pendekatan Inkuiri.
Copyrights © 2020