Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan
Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS MAIWAKABUPATEN ENREKANG

Nurheda Nurheda (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah)
Usman (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)
Ayu Dwi Putri Rusman (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pasien terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS yang berkaitan dengan bukti fisik pelayanan, kehandalan pelayanan, tanggapan pelayanan, jaminan pelayanan, dan emphaty pelayanan, di Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan tentang apa yang harapkan. Untuk memperoleh data dilakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner dengan 95 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS dimana bukti fisik pelayanan p(0,001), kehandalan pelayanan p(0,402), daya tanggap pelayanan p(0,008), jaminan pelayanan p(0,000), emphaty pelayanan p(0,007). Bagi pihak Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang perlu mengembangkan sistem informasi manajemen Puskesmas untuk lebih memudahkan pelayanan serta evaluasi cepat terhadap kebutuhan pelayanan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

makes

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Manusia dan kesehatan merupakan jurnal ilmiah menyajikan hasil penelitian, laporan kasus, makalah ilmiah atau kajian analitis-kritis di bidang manusia dan kesehatan dan artikel dalam bentuk ulasan. Jurnal ini diterbitkan setahun tiga kali: Januari, Mei, dan ...