AbstrakTujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dan keaktifan melalui model problem based learning pada siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018; dan (2) Mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan keaktifan siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, hasil observasi keterlaksanaan model PBL, dan hasil observasi keaktifan siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (71%), siklus II (79%), siklus III (92%). Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan
Copyrights © 2019