JURNAL KOULUTUS
Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Koulutus

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN KEAKTIFAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUTMAINNAH MUTMAINNAH (SMP Negeri 6 Bangkalan)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2019

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dan keaktifan melalui model problem based learning pada siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018; dan (2) Mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan keaktifan siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, hasil observasi keterlaksanaan model PBL, dan hasil observasi keaktifan siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (71%), siklus II (79%), siklus III (92%). Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...