NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 2 No 1 (2015): (April 2015)

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM BERBASIS MULTIKULTURALISME

Zaki, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Immoralitas yang berlangsung kian intensif bersamaan dengan mandulnyapendidikan agama di sekolah maupun di perguruan tinggi. Fenomena pendidikan agamaini merupakan cerminan problem hidup keberagamaan di tanah air yang telah terjebak kedalam formalisme agama semata. Pemerintah merasa puas dengan mensyaratkan agamasebagai kurikulum wajib di semua jenjang pendidikan. Guru agama ataun dosen merasapuas sudah mengajarkan materi pelajaran agama sesuai dengan tuntutan kurikulum.Peserta didik merasa sudah beragama dengan menghafal materi pelajaran agama. Agamakehilangan spirit transendensinya yang telah terlanjur terbungkus oleh baju formalitasnya.Masyarakat Indonesia yang multi kultur merupakan konsekuensi logis adanya beberapamacam komunitas agama, kepercayaan dan budaya dengan segala kelebihannya, dengansedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasisosial, sejarah, adat serta kebiasaan. Kenyataan ini seharusnya membawa nilai-nilai positifbagi kehidupan berbangsa dan bernegara namun di lain pihak tidak jarang kenyataan inimenimbulkan bencana bahkan lebih jauh dapat menjadi ancaman bagi integrasi bangsayang telah dengan susah payah diperjuangkan oleh para pendiri republik ini.Kata kunci: Perguruan Tinggi Umum, Pendidikan Agama Islam, Pemerintah,Demokrasi, Multikulturalisme.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...