Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)

PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK HOME INDUSTRY MELALUI OPTIMALISASI DESAIN DAN KEMASAN DI DESA GONDANG, KECAMATAN GONDANG, MOJOKERTO

Dyatmika, Sutama Wisnu (Unknown)
Purnaningrum, Evita (Unknown)
W, Tony Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Banyaknya aktivitas masyarakat yang bergerak dalam bidang home industry di Desa Gondang menjadikan desa ini menarik untuk ditinjau lebih lanjut. Fakta yang ditemui di desa tersebut adalah masih banyak pelaku bisnis yang notabene UMKM tidak memiliki omset penjualan yang baik. Kendala utama yang ditemui adalah masyarakat tidak mampu melakukan optimalisasi terhadap produk yang telah dihasilkan. Untuk itu Tim Pengabdian Pada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya melakukan aktivitas pendampingan di Desa Gondang. Agar hasil yang diperoleh dapat maksimal pelaksanaan dibagi menjadi dua bagian yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode praktik sederhana. Metode ceramah bertujuan untuk membuka pola pikir masyarakat yang awalnya masih ragu-ragu dalam mengubah kemasan produknya menjadi bersemangat untuk melakukannya. Hal ini menjadi penting karena masyarakat masih mengalami kekhawatiran penjualannya akan menurun ketika kemasannya diganti. Pada tahap ini Tim benar-benar memastikan bahwa masyarakat tidak memiliki keraguan lagi atas aktivitas berikutnya. Setelah semuanya berjalan dengan lancar, dilakukan praktik sederhana cara mengubah kemasan agar lebih baik. Cara yang dilakukan pun menggunakan cara yang paling sederhana dengan tujuan agar masyarakat tidak merasa terbebani dengan hal-hal teknis yang dapat menjadikan niatnya berubah. Program yang diikuti usia produktif di Desa Gondang dapat berjalan dengan lancar berkat peran aktif masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM) (p-ISSN 2686-2786 and e-ISSN 2685-8630) is published twice a year in the months of May and November. It publishes manuscripts within the fields of entrepreneur and community service. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community ...