Psychopreneur Journal
Vol 2 No 2 (2018)

Hubungan antara Persepsi terhadap Celebrity Endorser dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online

Winda Citra Handayani (Universitas Ciputra)
Theda Renanita (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap celebrity endorser dan kecenderungan pembelian kompulsif online. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara dimensi persepsi terhadap celebrity endorser yaitu expertise, attractiveness, dan trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online. Subjek penelitian ini berjumlah 172. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala persepsi terhadap celebrity endorser yang dikembangkan oleh peneliti dan skala kecenderungan pembelian kompulsif online yang diadaptasi dari Valence, d’Astous, & Fortier (1988). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dimensi expertise dan attractiveness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online {(r = 0.110 dengan p= 0.049; r = 0.118 dengan p = 0.038)}, dan tidak ada hubungan antara dimensi trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.023 dengan  p = 0.679).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

psy

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal PSYCHOPRENEUR adalah media untuk mempublikasikan naskah empiris baik riset dasar maupun riset terapan dengan topik-topik terkait dengan psikologi ekonomi, psikologi kewirausahaan, psikologi konsumen, psikologi industri dan organisasi, serta kajian psikologi lain yang dilengkapi dengan ide-ide ...