Buta aksara kembali dari sebagian warga belajar yang sudah mengikuti pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar terbukti adanya. Hal ini terjadi dikarenakan tidak terpelihara dan/atau tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain tingkat keaksaraan orang dewasa merupakan komponen penting dari aspek pendidikan yang dapat menaikkan indeks pembangunan manusia.Penelitianinididesaindenganmenggunakanpendekatan PenelitiandanPengembangan,  atau Research and Development dengan tehnik analisis data yang  dilakukan  dengan cara membandingkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan model pelatihan kecakapan hidup dan pendampingan kewirausahaan (before-after) terhadap satu kelompok (one group pretest-posttest design)dengan satu macam perlakuan.Hasilpenelitianmenunjukanbahwamodel baru terbukti  efektif  dalam upaya memelihara kemampuan keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar. Kata kunci : Pelatihan kecakapan hidup, pendampingan kewirausahaan , dan keaksaraan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020