Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI dengan menggunakan media PhET simulation. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Terdapat lima tahap dalam penelitian ini, antara lain tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan monitoring, dan tahap refleksi. Terdapat dua jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian yakni kuantitatif dan kualitatif. Instrumen Kuantitatif berupa kuesioner dan tes kemampuan akademik. Kuesioner siswa diberikan di setiap akhir siklus, kuesioner untuk guru diberikan di awal dan digunakan dalam menganalisis kebutuhan guru. Sedangkan instrument kualitatif melalui observasi pembelajaran, wawancara, catatan lapanagan dan analisis dokumentasi. Dengan subyek penelitian siswa berjumlah 36 siswa. Setelah siklus rata rata kelas menjadi 64,3 namun belum mencapai KKM sehingga dilakukan siklus II. Dari siklus kedua diperoleh rata-rata kelas sebesar 67,8 peningkatan ini juga belum memenuhi KKM sehingga dilakukan siklus keIII kemudian didapat nilai rata-rata kelas sebesar 77,5. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PhET simulation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA2 SMA Manba’ul Ullum.
Copyrights © 2019