Jurnal Mnemonic
Vol 2 No 1 (2019): Mnemonic Vol. 2 No. 1

DESAIN SERIOUS GAME SOSIALISASI BENCANA BERBASIS MODEL TEORI AKTIFITAS

Nugroho, Fresy (Unknown)
Mulyanto Yuniarno, Eko (Unknown)
Hariadi, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Sosialisasi bencana masih mengalami beberapa kendala antara lain kesulitan bila dilakukan secara offfline, mengingat untuk sosialisasi offline membutuhkan waktu khusus, memerlukan persiapan yang lama dan memerlukan alokasi dana khusus. Makalah ini memberikan sebuah pendekatan baru berupa sosialisasi bencana dalam bentuk serious game. Sehingga dinamakan serious game sosialisasi bencana. Dalam mendesain serious game sosialisasi bencana, menggunakan model teori aktivitas utnuk serious game dan tahapan sosialisasi bencana sebagaimana di isyaratkan dalam undang-undang tentang penanggulangan bencana dan diuraikan pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi. Untuk membuat sebuah serious game dibutuhkan pula metode finite state machine untuk memudahkan mesin mengatur permainan. Visualisasi juga di rancang untuk menunjukkan capaian yang diperoleh pemain agar lebih menarik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mnemonic

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Mnemonic adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil penelitan dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Informatika bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan karya-karya ilmiah di khalayak ...