Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X

Khairil Hadi (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Ayu Hariani (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Meureubo. Dalam penelitian mmenggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonrandomized control group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Meureubo yang terdiri dari empat kelas (MIA 1, MIA 2, IIS 1 dan IIS 2) dengan sampel diambil secara nonprobability sampling sebanyak dua kelas yaitu  MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data dalam  penelitian  diambil dari soal test (soal pretest dan postest) dan dari angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Uji t-test menggunakan SPSS 20 , dan Uji Mann Whitney U test menggunakan SPSS 20. Hasil Uji t-test diperoleh nilai (thitung sebesar 17,987 dan ttabel sebesar 1,73406 (thitung > ttabel) atau nilai sig 0,000 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan hasil Uji Mann Whitney U test menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai sig. 0,000 (sig. < 0,05). Kata-kata kunci: Model pembelajaran Inquiri, Lingkungan, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...