Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH PADA MATERI TUMBUHAN BIJI (SPERMATOPHYTA) DI KELAS VII SMP N KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE

Maulizar Maulizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian berjudul “ Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui model Pembelajaran Make a match pada Materi Tumbuhan biji (Spermatophyta) di kelas VII SMPKembang Tanjong” telah dilaksanakan mulai dari tanggal 14 November sampai 21November. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melaluimodel pembelajaran Make a matchterhadap peningkatan hasil belajar pada materi tumbuhan biji (Spermatophyta) di kelas VII SMP Kembang tanjongTahun 2013. Subyek penelitian ini adalah siswakelas VII-2 dengan jumlah 35 siswa.Jenis penelitian yang digunakanPenelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan teknik statistikdalam bentuk perhitungan persentase (%). Hasil analisis data diperoleh  siklus I ketuntasan belajar klasikal (62,85), dengan rata-rata (62,42), kemudian pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal (85,71), dengan rata-rata (72,14). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Make a match terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada materi tumbuhan biji (Spermatophyta)dapat smeningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N kb. Tanjong Kabupaten Pidie”. Kata-kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Make A Match, Materi Tumbuhan Biji (Spermatophyta).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...