Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK pada materi sistem pencernaan hewan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Woyla Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMP Negeri 1 Woyla Barat. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling dengan cara random yaitu kelas VII/A yang berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelian ini adalah observasi dengan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Hasil penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar siswa dari 31,82% pada pra tindakan meningkat menjadi 36.66% pada siklus 1. Dan juga pada siklus 2 juga terjadi peningkatan menjadi 86,36%. Kata kunci: Pembelajaran , model media pembelajaran berbasis TIK, hasil belajar.
Copyrights © 2019