Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 3, No 1 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUAK PANGKAT KECAMATAN BUBON KABUPATEN ACEH BARAT

Ali Basyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap sikap ilmiah pada materi sistem ekresi di kelas VIII SMP Negeri 2 Suak Pangkat Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiitatif. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research), Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A  sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Waktu penelitian pada pada tanggal 10 Mei sampai dengan 20 Mei  2016. Teknik pengumpulan data: lembar observasi siswa, angket dan tes. Instrumen dalam penelitian adalah: angket dan tes. Teknik Analisa data dilakukan menurut metode kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan antara model discovery learning terhadap sikap ilmiah pada materi sistem ekskresi. uji regresi adalah jika nilai jika F hitung > Ftabel, maka hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak), artinya variabel bebas  berpengaruh terhadap variabel terikat, sebaliknya Jika F hitung < Ftabel, maka hipotesis ditolak (Ha ditolak dan Ho diterima), artinya variabel bebas tidak berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil yang diperoleh persamaan regresi linear adalah Y= -1,163  +  0,074 X1 + 0,133 X 2. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning dapat diterapkan pada materi sistem ekskresi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suak Pangkat tahun ajaran 2015/2016.Kata kunci: Pengaruh, Model Discovery Learning, Sikap Ilmiah 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...