Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 3, No 1 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan ManusiaDi Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo

Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIII B berjumlah 20 orang siswa (kelas kontrol). Pengambilan sampel dalam penelitian adalah secara acak  (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi (photo). Tes berupa pre-test dan post test sebanyak 20 soal choice. Analisis data dimulai dengan menguji persyaratan analisis seperti uji normalitas, dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  model pembelajaran examples non examples secarasignifikan lebih berhasil dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo hal ini diketahui dari hasil uji , yaitu thitung sebesar 5,742 dan ttabel 2,127. Dengan demikian 5,507>2,217, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci : Model examples non examples, prestasi belajar, sistem pencernaan   manusia.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...