AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan perangkat yang layak dan memenuhi kriteria : kevalidan, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran IPA melalui pendekatan scientific untuk melatihkan kemampuana berpikir kritis siswa pada materi cahaya untuk siswa kelas IV SDN 2 Petiken Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Rancangan pengembangan dalam penelitan ini mengacu pada pengembangan  perangkat model 4-D dengan bentuk rancangan one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Petiken Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 35 siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif  kualitatif, hasil validasi perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik (3,9). Tes hasil belajar siswa dianalisis dengan N-Gain mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,70 dengan kriteria ?gain tinggi?. Kemampuan berpikir kritis siswa juga dianalisis dengan N-gain mengalami peningkatan sebesar 0,63 dengan kriteria ?gain tinggi?, serta aktivitas siswa mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific pada pembelajaran IPA materi cahaya layak dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Berpikir Kritis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016