Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN MASALAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD PADA MATERI SUDUT

Afiani, Kunti Dian Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi sudut. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes Berpikir Kreatif (TBK), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada materi sudut. Pengembangan penelitian ini menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk. (pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran) dengan sedikit modifikasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah yang berkualitas yaitu kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan telah terpenuhi. Hasil dari penelitian ini adalah pada uji coba lapangan perubahan kemajuan tingkat  kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 85,29% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,29%, sedangkan pada tahap penyebaran perubahan kemajuan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 77,78% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sudut. Kata Kunci: Pengajuan Masalah, pengembangan perangkat, kemampuan berpikir kreatif, sudut.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...